Selasa, 25 Agustus 2015

Awas! 80% Barang Elektronik Di Arab Saudi Palsu

Eramuslim – Komite Elektronik Arab Saudi di kota Jeddah, Mohammed Mater, menyatakan bahwa jumlah permintaan peralatan elektronik yang meningkat 15% setiap tahunnya menyebabkan banyaknya barang-barang elektronik palsu yang beredar di pasaran.
Dalam penelitian yang dilakukan pihanknya, Mohammed Mater menjelaskan bahwa permintaan pasar domestic yang mencapai 80% menyebabkan banyaknya pedagang-pedagang curang yang menyeluncupkan produk palsu elektronik ke Arab Saudi.

Menurut Mohammed Mater, para pedagang biasanya akan mengirim spesifikasi suatu produk barang ke Cina untuk dibuat tiruannya, dan dikirim kembali dengan nama produk yang dipalsukan.
Senada dengan Mohammed Mater, seorang sumber yang dekat dengan Departemen Bea Cukai menyatakan bahwa sepanjang kuartal II di tahun 2015 ini, Departemen Bea dan Cukai sedikitnya berhasil mencegah penyeludupan 34 juta unit barang palu dan 52 juta unit barang ilegal.

Jumlah ini setara dengan 53% barang palsu yang kini sisanya masih beredar di Arab Saudi.
Jadi bagi para jamaah Haji dari Indonesia hendaknya lebih berhati-hati ketika membeli produk elektronik di Saudi agar tidak tertipu. (Akhbarak/Ram)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar