Rabu, 25 Februari 2015

Telah dan Kajian LPPI tentang Syiah Menodai Islam


PERBEDAAN ANTARA KEBEBASAN BERAGAMA DENGAN
KEBEBASAN MENGACAK-ACAK AGAMA
Oleh M. Amin Djamaluddin


PENDAHULUAN

Bahwa sesuai amanat konstitusi kita, sebagaimana termaktub dalam Pembukaan UUD 1945, ditegaskan bahwa  Negara kita berdasarkan: (1). Ketuhanan Yang Maha Esa; (2). Kemanusiaan yang adil dan beradab; (3). Persatuan Indonesia; (4). Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan; dan (5). Keadilan Sosial Bagi Seluruh Bangsa Indonesia.

Sebagai dasar pertama, Ke-Tuhanan Yang Maha Esa bukan saja meletakkan dasar moral di atas Negara dan Pemerintah, tetapi juga memastikan adanya kesatuan Nasional yang berasas keagamaan. Pengakuan sila pertama ini tidak dapat dipisahpisahkan dengan Agama, karena adalah salah satu tiang pokok daripada perikehidupan manusia dan bagi bangsa Indonesia, adalah juga sebagai sendi perikehidupan Negara dan unsur mutlak dalam usaha membangun bangsa.


Untuk memberi kepastian agar kehidupan beragama ini berjalan dengan tertib, terbina suasana saling menghargai antar pemeluk agama dan keyakinan, serta adanya kepastian terlindungi hak dan kewajibannya masing-masing, dalam konstitusi kita, sebagaimana termaktub dalam Pasal 29 ayat (2) UUD 1945 ditegaskan bahwa : “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.”

Jaminan tersebut diberikan dalam konteks memberikan perlindungan dan kepastian hukum agar terbina suasana saling hormat menghormati dan bekerja sama antar pemeluk agama serta penganut kepercayaan, terbina hubungan yang harmonis, serta mencegah agar jangan sampai terjadi penyelewengan-penyelewengan dari ajaran-ajaran agama yang ditetapkan sebagai ajaran-ajaran pokok oleh para ulama atau tokoh agama dari agama yang bersangkutan. Bagian dari jaminan tersebut adalah, Negara berwenang untuk melindungi ketenteraman beragama dari penodaan/penghinaan serta dari ajaran-ajaran untuk tidak memeluk agama yang bersendikan Ke-Tuhanan Yang Maha Esa.















PENETAPAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 1/PNPS TAHUN 1965
TENTANG
PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN DAN/ATAU PENODAAN AGAMA
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

Menimbang
:
a.
bahwa dalam rangka pengamanan Negara dan Masyarakat, cita-cita Revolusi Nasional dan pembangunan Nasional Semesta menuju ke masyarakat adil dan makmur, perlu mengadakan peraturan untuk mencegah penyalah-gunaan atau penodaan agama;






b.
bahwa untuk pengamanan revolusi dan ketentuan masyarakat, soal ini perlu diatur dengan Penetapan Presiden;




Mengingat
:
1.
pasal 29 Undang-undang Dasar;


2.
pasal IV Aturan Peralihan Undang-undang Dasar;


3.
penetapan Presiden No. 2 tahun 1962 (Lembara-Negara tahun 1962 No. 34);


4.
pasal 2 ayat (1) Ketetapan M.P.R.S. No. II/MPRS/1960;




MEMUTUSKAN :
Menetapkan
:
PENETAPAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA TENTANG PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN DAN/ATAU PENODAAN AGAMA.




Pasal 1
Setiap orang dilarang dengan sengaja di muka umum menceritakan, menganjurkan atau mengusahakan dukungan umum, untuk melakukan penafsiran tentang sesuatu agama yang dianut di Indonesia atau melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan yang menyerupai kegiatan-kegiatan keagamaan dari agama itu, penafsiran dan kegiatan mana menyimpang dari pokok-pokok ajaran agama itu.




Pasal 2
(1)
Barang siapa melanggar ketentuan tersebut dalam pasal 1 diberi perintah dan peringatan keras untuk menghentikan perbuatannya itu di dalam suatu keputusan bersama Menteri Agama, Menteri/Jaksa Agung dan Menteri Dalam
Negeri.




(2)
Apabila pelanggaran tersebut dalam ayat (1) dilakukan oleh Organisasi atau sesuatu aliran kepercayaan, maka Presiden Republik Indonesia dapat membubarkan organisasi itu dan menyatakan Organisasi atau aliran tersebut sebagai Organisasi/ aliran terlarang, satu dan lain setelah Presiden mendapat pertimbangan dari Menteri Agama, Menteri/Jaksa Agung dan Menteri Dalam Negeri.




Pasal 3
Apabila, setelah dilakukan tindakan oleh Menteri Agama bersama-sama Menteri/Jaksa Agung dan Menteri Dalam Negeri atau oleh Presiden Republik Indonesia menurut ketentuan dalam pasal 2 terhadap orang, Organisasi atau aliran kepercayaan, mereka masih terus melanggar ketentuan dalam pasal 1, maka orang, penganut, anggota dan/atau anggota Pengurus Organisasi yang bersangkutan dari aliran itu dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya lima tahun.




Pasal 4
Pada Kitab Undang-undang Hukum Pidana diadakan pasal baru yang berbunyi sebagai berikut:
"Pasal 156a
Dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya lima tahun barangsiapa dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan:
a.
yang pada pokoknya bersifat permusuhan, penyalah-gunaan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia;
b.
dengan maksud agar supaya orang tidak menganut agama apapun juga, yang bersendikan ke-Tuhanan Yang Maha Esa."




Pasal 5
Penetapan Presiden Republik Indonesia ini mulai berlaku pada hari diundangkannya. Agar supaya setiap orang dapat mengetahuinya memerintahkan pengundangan Penetapan Presiden Republik Indonesia ini dengan penempatan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia.



Ditetapkan di Jakarta
pada tanggal 27 Januari 1965.
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

SUKARNO





Diundangkan di Jakarta
pada tanggal 27 Januari 1965
SEKRETARIS NEGARA,

MOHD. ICHSAN.

LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1965 NOMOR 3.


















KUTIPAN BUKU 40 MASALAH SYIAH KARYA EMILIA RENITA AZ[1]


Kutipan :
“Pengantar Editor….Buku ini merupakan hasil belajar murid dan istri saya yang paling cerdas dan kritis, Emilia Az. Hampir setiap saat ketika ada waktu luang di tengah-tengah kesibukan dakwah kami, kami duduk berdua membahas berbagai masalah Syiah. Ia juga rajin mencatat kuliah-kuliah atau diskusi-diskusi tentang Syiah yang disaksikannya…(hal. 12)
“….Maafkan kami kalau dalam buku ini terdapat ejaan yang tidak konsisten atau salah. Mudah-mudahan dalam cetakan berikutnya, tentu dengan halaman yang mungkin berbeda, buku kecil ini muncul dalam bentuk yang lebih enak dibaca dan lebih perlu.
“….Walhasil, buku ini adalah karya bersama yang kami persembahkan untuk umat Islam Indonesia.” (hal. 13)
“….Secara khusus, sebagai Ketua Dewan Syura Ikatan Jamaah Ahlulbait Indonesia, kami memberikan buku ini kepada seluruh anggota IJABI sebagai pedoman dakwah mereka…” (hal. 13)

1 Muharram 1430

Jalaluddin Rakhmat 

Kutipan :
        ”Kata Pengantar....Sengaja buku ini dibuat sebagai hadiah kecil saya, kepada Imam tercinta, Imam Ali bin Abi Thalib (as) di hari pengangkatan Beliau sebagai pelanjut kepemimpinan setelah Nabi saw. Buku ini juga dibuat untuk TABAYYUN atas buku-buku dan selebaran-selebaran yang sengaja dibuat untuk memprovokasi orang awam dan menyebarkan fitnah tentang Syiah.” (hal. 14-15)
”....Akhirnya dengan segala effort dan seluruh kerja keras kami berdua (sebetulnya, saya malu kalau saya claimed, buku ini hasil saya sendiri padahal suami saya kerja lebih keras dari saya!! Thanks, hon...! Juziitum ’an ahlilbait (as) khayran sehingga buku ini terbit walaupun jauh dari target waktu yang sebenarnya (karena bolak-balik dikasih warna merah, diedit terus menerus, selalu kembali dengan penuh coretan, yang saya juga sudah sampai titik puncak kehabisan sabar karena ”guru saya” yang sangat perfectionist!!!...) (hal. 17).    


Kutipan :
  1. ‘Adalah semua sahabat bertentangan dengan al-Qur`an
Di dalam al-Qur`an ada banyak ayat yang mengecam sahabat-sahabat Nabi saw. Sebuah surat turun khusus untuk membongkar dan mengecam para sahabat Nabi saw. Kita menyebutnya Surat al-Tawbah. Ibnu Abbas menyebut surat ini dengan Al-Fadhihah (artinya yang membongkar kesalahan atau keburukan), karena “tidak henti-hentinya turun wa minhum: sehingga kami mengira tidak akan tersisa di antara kami yang tidak disebut di dalamnya”.
Ibn ‘Umar menyebut surat ini Al-Muqasyqisyah -yang menyapu habis. “Di zaman Nabi saw, surat al-Barah ini kami sebut surat Al-Mu’abbirah – yang mengungkapkan, karena  surat ini membeberkan rahasia orang banyak,” kata Muhamad bin Ishaq. Ibnu ‘Umayr menyebutnya Al-Munaqqirah, membongkar kesalahan (Al-Suyuthi, Tafsir al-Durr al-Mantsur 119-121). (40 Masalah Syiah, hal. 76-78).

Jawaban LPPI :
Sebelumnya, Emilia mengutip surat Al-Nisa ayat 95 yang berisi kecaman kepada para sahabat yang berbunyi, “Tidaklah sama antara orang beriman yang duduk (yang tidak turut berperang) tanpa mempunyai uzur (halangan) dengan orang yang berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwanya. Allah melebihkan derajat orang-orang yang berjihad dengan harta dan jiwanya atas orang-orang yang duduk (tidak ikut berperang tanpa halangan). Kepada masing-masing, Allah menjanjikan (pahala) yang baik (surga) dan Allah melebihkan orang-orang yang berjihad atas orang yang duduk dengan pahala yang besar,” (QS An-Nisa [04]: 95).  Ayat ini tidak bisa dijadikan alasan untuk membeda-bedakan para sahabat seperti yang dikatakan di dalam buku 40 Masalah Syiah, “Al-Qur`an melarang kita untuk menyamakan semua sahabat Nabi saw pada tingkat yang sama.” Padahal yang dimaksudkan oleh Allah SWT adalah bahwa para sahabat yang ikut berperang akan mendapatkan pahala yang sangat besar jika dibandingkan dengan para sahabat yang tidak ikut berperang padahal fisik mereka tidak sedang sakit atau tidak cacat seperti Ibnu Ummi Maktum yang buta. Dia ingin berperang, tapi apa daya tangan tak sampai. Bagaimana mungkin seorang yang buta bisa berperang? Oleh karena itu, Allah SWT memberikan rukhsah-Nya kepada Ibnu Ummi Maktum. Akan tetapi, jangan dianggap bahwa para sahabat yang tidak ikut berperang tidak mendapatkan pahala dari Allah SWT. Tetap masing-masing mendapatkan pahala dari Allah SWT. Akan tetapi pahala para sahabat yang ikut berperang lebih banyak daripada para sahabat yang tidak ikut berperang. Bukankah hukum perang itu fardhu kifayah sehingga dibolehkan bagi para sahabat yang lain untuk tidak ikut berperang? Kemudian jika toh ada ayat yang mengecam sebagian para sahabat, mari kita jadikan ibrah kejadian tersebut. Karena bagi para sahabat adalah amal ibadah mereka dan bagi kita adalah amal ibadah kita. Kehidupan para sahabat telah berlalu, maka masa lalu biarlah berlalu, tinggal kita petik hikmah di balik peristiwa yang dialami para sahabat tersebut.



Kutipan :
‘Adalah Semua Sahabat Bertentangan dengan Sunnah
Di bawah ini diturunkan pernyataan Nabi saw berkenaan dengan para sahabatnya. Sebelumnya, marilah kita perhatikan pernyataan Tuhan tentang kebanyakan sahabat Nabi saw: Mereka bersumpah dengan nama Allah bahwa mereka tidak mengucapkan sesuatu pun (yang buruk), padahal sebenarnya mereka telah mengucapkan fitnah, dan mereka mengatakannya setelah mereka memeluk Islam, dan mereka merencanakan maksud jahat yang tidak dapat mereka lakukan. Dendam mereka ini adalah balasan mereka atas karunia yang telah Allah serta RasulNya berikan kepada mereka! Jika mereka bertaubat itulah yang terbaik buat mereka; tetapi jika mereka berpaling, Allah akan menyiksa mereka dengan siksaan yang pedih di dunia dan di akhirat. Dan mereka tidak mempunyai penolong di muka bumi ini (Al-Tawbah 74). “Sebagian besar di antara mereka adalah orang-orang fasik” (Al-Hadid 16). (40 Masalah Syiah, hal. 80)

Jawaban LPPI :
Qatadah berkata, ”Ayat ini diturunkan mengenai Abdullah bin Ubay (munafiq). Yaitu pada suatu ketika, ada dua orang yang berkelahi, antara orang Juhani dengan seorang Anshar. Maka orang Juhani ini bisa mengalahkan orang Anshar. Maka Abdullah bin Ubay berkata, ”Mengapa kalian tidak menolong saudaramu yang orang Anshar?” Kemudian setelah itu, Abdullah bin Ubay juga berkata,
                         
Sungguh, jika kita kembali ke Madinah (kembali dari perang Bani Musthalik), pastilah orang yang kuat akan mengusir orang-orang yang lemah dari sana.”
Maksud orang yang kuat adalah Rasulullah saw dan para sahabat. Kemudian ada seseorang yang melaporkan ucapan Abdullah bin Ubay ini kepada Rasulullah saw. Maka Rasulullah saw segera mengutus seseorang untuk bertanya kepada Abdullah bin Ubay mengenai kebenaran ucapannya tersebut. Akan tetapi, Abdullah bin Ubay bersumpah atas nama Allah, bahwasanya dia tidak mengucapkan kata-kata tersebut. Maka Allah SWT menurunkan ayat ini.
                                                                       ﭿ                                     
”Mereka (orang munafik) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa mereka tidak mengatakan (sesuatu yang menyakiti Muhammad). Sungguh, mereka telah mengucapkan perkataan kekafiran, dan telah menjadi kafir setelah Islam, dan menginginkan apa yang mereka tidak mencapainya; dan mereka tidak mencela (Allah dan Rasul-Nya), sekiranya Allah dan Rasul-Nya telah melimpahkan karunia-Nya kepada mereka. Maka jika mereka bertobat, itu adalah lebih baik bagi mereka, dan jika mereka berpaling, niscaya Allah akan mengazab mereka dengan azab yang pedih di dunia dan akhirat; dan mereka tidak mempunyai pelindung dan tidak (pula) penolong di bumi.” (QS At-Taubah [09]: 74) (Tafsir Ibnu Katsir jilid ke-2 hal. 338).   
Kutipan :
  1. Diriwayatkan dari Al-Musayyab bahwa dia bertemu dengan Al-Barra bin Azib dan berkata kepadanya: Semoga engkau hidup sejahtera. Engkau beruntung karena menjadi sahabat Nabi saw dan berbaiat kepadanya di bawah pohon (Al-Hudaybiyah). Mengenai hal ini, Al-Barra berkata: Wahai keponakanku, engkau tidak tahu bahwa kami telah mengubah-ubah agama sepeninggalnya (Shahih al-Bukhari 5:488) (40 Masalah Syiah hal. 81)

Jawaban LPPI :
Setahu kami bahwa hadits yang dimaksudkan oleh Syiah ini adalah sebuah hadits yang bercerita tentang perilaku umat Rasulullah saw yang mengamalkan perbuatan bid’ah. Kita tahu bahwa Rasulullah saw telah mewanti-wanti umatnya dari perbuatan bid’ah. Sepeninggal Rasulullah saw, mulailah umat Islam ini terjerumus ke dalam perbuatan bid’ah dan terus berlanjut sampai pada zaman sekarang ini.
Adapun pada zaman para sahabat dan semasa Rasulullah saw hidup, istilah perbuatan bid’ah belum dikenal, karena mereka sangat konsisten dan istiqamah dengan sunnah Rasulullah saw sehingga beliau menyebutnya sebagai generasi terbaik ummat ini!

        Kutipan :
  1. Pada persitiwa Perjanjian Hudaybiyah, Nabi bermaksud berdamai dengan orang-orang Mekah, tetapi sahabat-sahabat yang sama menentangnya. Bahkan mereka meragukan kenabian Nabi Muhammad saw. (40 Masalah Syiah hal. 82)

Jawaban LPPI :
Dalam peristiwa Hudaybiyah, memang Umar bin Khathab berkata kepada Rasulullah saw, “Alasta Rasuulullaah? Bukankah Anda itu Utusan Allah? Kalimat ini bukan pertanda bahwasanya Umar meragukan kerasulan dan kenabian Muhammad bin Abdullah, akan tetapi sebagai penguatan. Ketika itu Rasulullah saw terlihat tunduk kepada keinginan orang-orang kafir Quraisy. Karena menurut pendapat Umar, isi perjanjian Hudaybiyah banyak merugikan kaum muslimin. Rasulullah saw itu kan benar-benar sebagai Utusan Allah, untuk apa mengikuti usulan orang-orang kafir Quraisy. Ternyata di kemudian hari, isi perjanjian Hudaybiyah ini menghasilkan keuntungan, kebaikan dan kemenangan bagi kaum muslimin.
 
        Kutipan :
  1. Dalam menjelaskan Al-Isra 60 “Dan kami tidak menjadikan mimpi yang telah kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian bagi manusia (dan begitu pula) pohon kayu terkutuk dalam al-Qur`an…” para mufassirin menjelaskan bahwa al-syajarah al-mal’unah atau pohon yang terkutuk adalah anak-cucu Marwan yang tampak dalam mimpi Rasulullah saw sebagai kera. Mereka mengerubungi mimbar Rasulullah saw. Setelah mimpi itu Rasulullah saw tidak pernah lagi tersenyum sampai akhir hayatnya (Al-Tafsir al-Kabir 20:237; Al-Jami li Ahkam al-Qur`an 10:281-286; Ruh al-Ma’ani 15:105) (40 Masalah Syiah hal. 89)

Jawaban LPPI :
Yang dimaksud dengan pohon yang dilaknat dalam al-Qur`an adalah pohon zaqqum, seperti yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Abdurrazzaq dan selain keduanya dari Sufyan bin Uyainah. Demikian pula al-Aufi meriwayatkan hal yang sama dari sahabat Ibnu Abbas. (Tafsir Ibnu Katsir, jilid ke-3 hal. 47).
Di dalam keterangan berikutnya memang ada pernyataan bahwa ada orang yang mengatakan bahwa yang dimaksud dengan pohon yang dilaknat dalam al-Qur`an adalah Bani Umayyah, namun justru di dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir ini langsung disanggah dengan divonis sebagai pendapat yang aneh dan lemah.
وَ قِيْلَ : الْمُرَادُ بِالشَّجَرَةِ الْمَلْعُوْنَةِ بَنُوْ أُمَيَّةَ، وَ هُوَ غَرِيْبٌ ضَعِيْفٌ.
“Dikatakan bahwasanya yang dimaksud dengan pohon yang terkutuk adalah keturunan Umayyah. Pendapat ini sangat aneh dan lemah.” (Tafsir Ibnu Katsir, jilid ke-3 hal. 47).
Tafsir Ibnu Katsir memuat pernyataan ini bukan untuk membenarkannya tapi justru untuk menyanggahnya. Hampir semua kitab tafsir menjelaskan jika yang dimaksud dengan pohon yang terkutuk adalah pohon Zaqqum yang tumbuh di dasar neraka. Perlu diketahui bahwasanya Bani Umayyah (anak keturunan Umayyah) bukan pembunuh cucu Rasulullah saw. Inilah keyakinan Ahlussunnah. Akan tetapi, menurut Syiah bahwa Bani Umayyah lah yang telah membunuh Husain, cucu Rasulullah saw, yaitu di tangan Muawiyah bin Abu Sufyan. Padahal Muawiyah bin Abi Sufyan termasuk seorang sahabat Rasulullah saw. Allah SWT telah menjamin ke’adilan (keutamaan) seluruh para sahabat Rasulullah saw di dalam al-Qur`an seperti di dalam QS At-Taubah : 100; QS Al-Fath: 18; dan QS Al-Fath: 29.
1.     QS At-Taubah [09]: 100
                                                               
”Dan orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Ansar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah rida kepada mereka dan mereka pun rida kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung.” (QS At-Taubah [09]: 100).

2.     QS Al-Fath [48]: 18

                                         
”Sungguh, Allah telah meridai orang-orang mukmin ketika mereka berjanji setia kepadamu (Muhammad) di bawah pohon, Dia mengetahui apa yang ada dalam hati mereka, lalu Dia memberikan ketenangan atas mereka dan memberi balasan dengan kemenangan yang dekat.” (QS Al-Fath [48]: 18)
3.     QS Al-Fath [48] : 29
                                                                                                        ﭿ                               
”Muhammad adalah utusan Allah, dan orang-orang yang bersama dengan dia bersikap keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang  sesama mereka. Kamu melihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridaan-Nya. Pada wajah mereka tampak tanda-tanda bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka (yang diungkapkan) dalam Taurat dan sifat-sifat mereka (yang diungkapkan) dalam Injil, yaitu seperti benih yang mengeluarkan tunasnya, kemudian tunas itu semakin kuat, lalu menjadi besar dan tegak lurus di atas batangnya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan di antara mereka, ampunan dan pahala yang besar.” (QS Al-Fath [48]: 29)
Adapun yang ditulis oleh Emilia Renita AZ di dalam bukunya bahwasanya ”para mufassirin menjelaskan bahwa al-syajarah al-mal’unah atau pohon yang terkutuk adalah anak-cucu Marwan yang tampak dalam mimpi Rasulullah saw sebagai kera. Mereka mengerubungi mimbar Rasulullah saw. Setelah mimpi itu Rasulullah saw tidak pernah lagi tersenyum sampai akhir hayatnya,” adalah pendapat dengan sanad yang sangat lemah sebagaimana dikutip oleh Ibnu Katsir di dalam kitab tafsirnya jilid ke-3 hal. 49 sebagai berikut :
وَ قَالَ ابْنُ جَرِيْرٍ : حُدِّثْتُ عَنْ مُحَمَّدٍ بْنِ الْحَسَنِ بْنِ زُبَالَةَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمُهَيْمِنِ بْنُ عَبَّاسٍ بْنُ سَهْلٍ بْنُ سَعْدٍ، حَدَّثَنِيْ أَبِيْ عَنْ جَدِّيْ قَالَ: رَأَى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بَنِيْ فُلَانٍ يَنْزُوْنَ عَلَى مِنْبَرِهِ نُزُوْ الْقُرُوْدِ، فَسَاءَهُ ذَلِكَ، فَمَا اسْتَجْمَعَ ضَاحِكًا حَتَّى مَاتَ، قَالَ: وَ أَنْزَلَ اللهُ فِيْ ذَلِكَ : وَ مَا جَعَلْنَاكَ الرُّؤْيَا الَّتِيْ أَرَيْنَاكَ إِلَّا فِتْنَةً لِلنَّاسِ، الآية، وَ هَذَا السَّنَدُ ضَعِيْفٌ جِدًّا، فَإِنَّ مُحَمَّدَ بْنَ الْحَسَنِ بْنَ زُبَالَةَ مَتْرُوْكٌ وَ شَيْخُهُ أَيْضًا ضَعِيْفٌ بِالْكُلِّيَّةِ.
“Dan telah berkata Ibnu Jarir : Aku menerima hadits ini dari Muhammad bin Al-Hasan bin Zubalah, telah menceritakan kepada kami Abdul Muhaimin bin Abbas bin Sahal bin Sa’ad, telah menceritakan kepadaku bapakku dari kakekku dia berkata, “Rasulullah saw pernah bermimpi melihat keturunan dari si fulan melompati minbarnya seperti melompatnya kera-kera, beliau merasa tidak nyaman dengan mimpi ini. Maka beliau saw pun tidak pernah terlihat tersenyum sampai beliau saw wafat. Kakekku berkata, maka Allah SWT menurunkan firman-Nya mengenai masalah ini, Dan Kami tidak menjadikan mimpi yang telah Kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian bagi manusia.” Akan tetapi, sanad hadits ini sangat lemah sekali, karena Muhammad bin Al-Hasan bin Zubalah adalah orang matruk (ditinggalkan; haditsnya tidak diterima orang), dan demikian pula gurunya secara umum divonis lemah.  (Tafsir Ibnu Katsir, ke-3 hal. 49).

        Kutipan :
  1. ”Apa hubungan antara Ulil Amr dengan kemaksuman? Al-Fakhr al-Razi menulis, ”Sesungguhnya Allah swt memerintahkan ketaatan kepada Ulil Amr dengan sangat tegas (’ala sabil al-jazmi) dalam ayat ini. Barang siapa yang diperintahkan Allah swt untuk ditaati dengan sangat pasti, tidak bisa tidak ia harus maksum atau terpelihara dari segala kesalahan dan dosa. Jika ia tidak maksum dari kesalahan, kita bisa memperkirakan bahwa ia akan mungkin memerintahkan yang salah. Dengan begitu salahlah yang memerintahkan....Sudah terbukti, bahwa Allah swt memerintahkan kita untuk mentaati Ulil Amr secara sangat tegas karena itu terbuktilah bahwa semua orang yang wajib ditaati berdasarkan perintah Allah swt yang tegas wajib terpelihara dari segala kesalahan. Dengan begitu bisa kita tetapkan dengan pasti bahwa Ulil Amri yang disebutkan dalam ayat ini tidak bisa tidak harus maksum” (Al-Tafsir Al-Kabir; 10: 144), (40 Masalah Syiah, hal. 94-95).

Jawaban LPPI :
Apabila seperti ini klaim orang-orang Syiah terhadap Ulil Amr, yaitu mereka harus maksum (terpelihara dari segala kesalahan dan dosa), maka kita ajukan pertanyaan, ”Apakah ada nash dari Al-Qur`an yang menyatakan bahwa Fathimah, Ali, Al-Hasan, Al-Husayn dan sembilan orang Imam dari keturunan Al-Husayn adalah orang-orang yang maksum seperti Rasulullah saw?” Jika mereka orang-orang Syiah menjawab ya, maka mereka harus menunjukkan dalilnya, yaitu dalil dari Al-Qur`an. Kalau tidak ada dalilnya dari Al-Qur`an, carilah dari Al-Hadits. Akan tetapi jika mereka mengatakan tidak ada dalilnya, artinya alasan ini akan menjadi bumerang bagi mereka.
Jika orang-orang Syiah menganggap bahwa Fathimah, Ali, Al-Hasan dan Al-Husayn adalah maksum, maka baiat yang Al-Hasan berikan terhadap Muawiyah adalah benar dan direstui oleh Allah SWT. Karena jika salah, apakah mungkin Allah SWT akan membiarkan hamba-Nya yang maksum berbuat salah? Pasti Allah SWT akan menegurnya. Tetapi, apakah datang teguran Allah SWT kepada Al-Hasan yang telah membaiat Muawiyah? Kalau tidak ada teguran, artinya Muawiyah adalah sah sebagai khalifah karena orang yang dianggap maksum yaitu Al-Hasan bin Ali telah ikut berbaiat kepada Muawiyah. Akan tetapi, mengapa orang-orang Syiah tetap membenci Muawiyah dengan tuduhan dia telah merampas tampuk kekhalifahan dari Al-Hasan?!

      Kutipan :
  1. Rukun Iman dan Rukun Islam itu adalah hasil perumusan para ulama. Di kalangan Ahlussunnah, misalnya, rukun iman didasarkan hanya pada satu hadis dari Umar bin Khathab dalam Shahih al-Bukhari. Jika semua hadis tentang iman dan Islam dikumpulkan bisa jadi orang memperoleh perumusan yang berbeda.
Orang Syiah mempunyai perumusan rukun iman dan rukun Islam yang berbeda; bukan karena perbedaan aqidah, tetapi karena perbedaan penamaan saja. Berikut ini sebagian dari perumusan ulama Syiah:
Rukun Iman
1.     Tawhid (percaya keesaan Allah yang mutlak)
2.     ‘Adalah (percaya kepada keadilan ilahi)
3.     Nubuwah (Kenabian, termasuk pada kitab-kitab yang dibawa para Nabi dan malaikat yang menurunkannya)
4.     Imamah (percaya pada para imam setelah Nabi saw)
5.     Al-Ma’ad (percaya pada hari akhir)

Rukun Islam
1.     Shalat
2.     Puasa
3.     Zakat
4.     Khums
5.     Haji
6.     Jihad
7.     Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar
8.    
9.     Tawalla (membenci apa yang dibenci Rasul saw dan Ahlulbaitnya)
10.  Tabarra (mencintai apa yang dicintai Rasul saw dan Ahlulbaitnya)
11.  Amal Saleh (40 Masalah Syiah hal. 121-122).

Jawaban LPPI :
Perlu diketahui oleh Syiah bahwasanya Rukun Islam dan Rukun Iman Ahlussunnah bukan buatan para ulama. Karena zaman Rasulullah saw belum muncul istilah ulama. Justru Rukun Islam dan Rukun Iman Ahlussunnah adalah ketetapan dari Allah SWT dan Rasul-Nya sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari di dalam hadits Jibril. Yaitu hadits yang mengisahkan malaikat Jibril datang menemui Rasulullah saw dalam wujud seorang manusia, kemudian malaikat Jibril bertanya kepada Rasulullah saw tentang Islam, Iman, Ihsan dan tanda-tanda akan tibanya hari Kiamat.  Adapun Rukun Islam Ahlussunnah adalah penetapan dari Allah SWT melalui wahyu yang disampaikan oleh malaikat Jibril langsung kepada Nabi Muhammad saw di hadapan para sahabat nya.
Inilah hadits Jibril tentang Rukun Islam dan Rukun Iman Ahlussunnah :

عَنْ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: بَيْنَمَا نَحْنُ جُلُوْسٌ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ، إِذْ طَلَعَ عَلَيْنَا رَجُلٌ، شَدِيْدُ بَيَاضِ الثِّيَابِ ، شَدِيْدُ سَوَادِ الشَّعَرِ، لَا يُرَى عَلَيْهِ أَثَرُ السَّفَرِ، وَ لَا يَعْرِفُهُ مِنَّا أَحَدٌ حَتَّى جَلَسَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَسْنَدَ رُكْبَتَيْهِ إِلَى رُكْبَتَيْهِ، وَ وَضَعَ كَفَّيْهِ عَلَى فَخِذَيْهِ، وَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ أَخْبِرْنِيْ عَنِ الْإِسْلَامِ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلْإِسْلَامُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ، وَ تُقِيْمُ الصَّلَاةِ وَ تُؤْتِيَ الزَّكَاةَ وَ تَصُوْمَ رَمَضَانَ وَ تَحُجَّ الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيْلًا، قَالَ: صَدَقْتَ، فَعَجِبْنَا لَهُ: يَسْأَلُهُ وَ يُصَدِّقُهُ، قَالَ: فَأَخْبِرْنِيْ عَنِ الْإِيْمَانِ قَالَ: أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ  وَ مَلَائِكَتِهِ وَ كُتُبِهِ وَ رُسُلِهِ وَ الْيَوْمِ الْآخِرِ وَ تُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَ شَرِّهِ، قَالَ: صَدَقْتَ. قَالَ : فَأَخْبِرْنِيْ عِنِ الْإِحْسَانِ قَالَ: أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ، قَالَ: فَأَخْبِرْنِيْ عَنِ السَّاعَةِ قَالَ: مَا الْمَسْؤُوْلُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنَ السَّائِلِ ) رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ (
Dari Umar bin Khaththab RA dia berkata: …”Pada saat kami sedang duduk bersama Rasulullah saw pada suatu hari, tiba-tiba datanglah seorang laki-laki memakai baju yang sangat putih dan rambutnya sangat hitam. Tidak terlihat pada dirinya bekas-bekas perjalanan (pakaiannya lusuh atau badannya berkeringat). Tetapi kami juga tidak mengenalnya. Dia (pun) duduk menghadap Nabi Muhammad saw, mendekatkan kedua lututnya dengan lutut Nabi Muhammad saw, dan dia meletakkan kedua telapak tangannya di atas kedua paha Rasulullah saw. Dia bertanya, ”Wahai Muhammad, beritahukanlah kepadaku, apa Islam itu?” Maka Rasulullah saw bersabda, ”Islam itu adalah engkau bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan bahwasanya Muhammad adalah utusan Allah, engkau mendirikan shalat dan menunaikan (membayar) zakat, engkau berpuasa di bulan Ramadhan dan melaksanakan ibadah haji jika engkau mampu.” Maka dia (yang tadi bertanya) berkata, ”Engkau benar wahai Muhammad!” Kami menjadi heran. Dia yang bertanya dan dia juga yang membenarkannya. Dia bertanya lagi,”Wahai Muhammad, beritahukanlah kepadaku, apa Iman itu?” Maka Rasulullah saw bersabda, ”Engkau beriman kepada Allah, (beriman) kepada para malaikat-Nya, (beriman) kepada kitab-kitab-Nya, (beriman) kepada para utusan-Nya, (beriman) kepada hari akhir dan engkau beriman kepada taqdir Allah, yang baik dan yang buruknya.” Maka dia (yang tadi bertanya) berkata, ”Engkau benar wahai Muhammad!” Dia bertanya lagi,”Wahai Muhammad, beritahukanlah kepadaku, apa Ihsan itu?” Maka Rasulullah saw bersabda,”Engkau beribadah kepada Allah, seolah-olah engkau bisa melihat-Nya. Kalau engkau tidak bisa melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu.”Dia bertanya lagi,”Wahai Muhammad, beritahukanlah kepadaku tentang Kiamat!” Maka Rasulullah saw bersabda,”Orang yang ditanya tidak lebih tahu daripada yang bertanya (artinya sama-sama tidak tahu),” (HR Al-Bukhari).

Hadits Rasulullah saw yang lainnya tentang Rukun Islam Ahlussunnah :
عَنْ أَبِيْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: بُنِيَ الْإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ، وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ، وَ إِقَامِ الصَّلاَةِ، وَ إِيْتَاءِ الزَّكَاةِ، وَ حَجِّ الْبَيْتِ وَ صَوْمِ رَمَضَانَ. ( رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَ مُسْلِمٌ )
Dari Abi Abdirrahman Abdullah bin Umar bin Khaththab RA dia berkata, ”Aku pernah mendengar Rasulullah saw bersabda, ’Islam itu dibangun di atas 5 dasar : Bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah; mendirikan shalat; membayar zakat; berhaji ke Baitullah; dan shaum (puasa) di bulan Ramadhan,’” (HR Bukhari dan Muslim).
Perbedaan antara Rukun Iman Ahlussunnah dengan Syiah
RUKUN IMAN AHLUSSUNNAH
RUKUN IMAN SYI’AH
1.   Iman kepada Allah.
2.   Iman kepada para Malaikat Allah.
3.   Iman Kitab-kitab Allah.
4.   Iman kepada para utusan Allah.
5.   Iman kepada hari Kiamat.
6.   Iman kepada Taqdir yang baik dan yang buruk.
1.   Percaya kepada ke-Esa-an Allah (At-Tauhid)
2.   Percaya kepada Keadilan (Al-‘Adalah)
3.   Percaya kepada Kenabian (An-Nubuwwah)
4.   Percaya kepada Imamah (Al-Imamah)
5.   Percaya kepada Hari Kiamat (Al-Ma’ad)

Keterangan : Rukun Iman Syiah tidak ada percaya kepada Allah SWT, tapi hanya percaya kepada Keesaan Allah SWT. Sifat Allah SWT yang wajib adalah 20 sifat antara lain al-wahdaniyyah (percaya kepada keesaan Allah SWT).


5 RUKUN ISLAM AHLUSSUNNAH
10 RUKUN ISLAM
SYI’AH
1.   Syahadat
2.   Shalat
3.   Zakat
4.   Puasa
5.   Haji
1.   Shalat
2.   Puasa
3.   Zakat
4.   Khums
5.   Haji
6.   Jihad
7.   Amar Ma`ruf dan Nahi Munkar
8.   - (nomor delapan tidak ada).
9.   Tawalla (membenci apa yang dibenci Rasul saw dan Ahlul Baitnya)
10.           Tabarra (mencintai apa yang dicintai Rasul saw dan Ahlul Baitnya)
11.           Amal Saleh

Perbedaan antara Syiah dengan Sunnah bukan hanya perbedaan dalam masalah furuiyyah. Akan tetapi, sudah masuk ke dalam ranah aqidah, atau perbedaan dalam masalah ushuluddin. Rukun Iman dan Rukun Islam Syiah sangat berbeda dengan Rukun Iman dan Rukun Islam Ahlussunnah. Begitu pula dengan kitab-kitab hadits Syiah sangat berbeda dengan kitab-kitab hadits yang dipegang oleh Ahlussunnah. Bahkan sesuai dengan pengakuan sebagian besar imam-imam mereka bahwa al-Qur`an Syiah juga berbeda dengan al-Qur`an Sunnah. Apabila ada dari para ulama Syiah mengatakan bahwasanya al-Qur`an Syiah juga sama dengan al-Qur`an Sunnah, maka sang ulama Syiah tersebut sedang melakukan taqiyyah (berdusta). Yang kami temukan, para ulama Syiah di dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur`an sangat berbeda dan berlainan dengan penafsiran Ahlussunnah. Sehingga tepatlah apabila para ulama Ahlussunnah mengatakan jika Syiah Imamiyyah Itsna Asyariyyah adalah satu agama tersendiri yang bertujuan ingin mengacaukan Islam dan kaum muslimin.
Perlu diketahui bahwa suatu faham atau aliran keagamaan dinyatakan sesat apabila memenuhi salah satu dari kriteria berikut :
1.     Mengingkari salah satu rukun dari rukun iman yang 6 (enam) yakni beriman kepada Allah, kepada Malaikat-Nya, kepda kitab-kitab-Nya, kepada Rasul-Rasul-Nya, kepada Hari Akhirat, kepada Qadla dan Qadar dan rukun Islam yang 5 (lima) yakni mengucapkan dua kalimat syahadat, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan, menunaikan ibadah haji.
2.     Meyakini dan atau mengikuti aqidah yang tidak sesuai dengan dalil syar’i (Al-Qur‘an dan As-Sunah).
3.     Meyakini turunnya wahyu setelah Al-Qur‘an.
4.     Mengingkari otentisitas dan atau kebenaran isi Al-Qur‘an.
5.     Melakukan penafsiran Al-Qur‘an yang tidak berdasarkan kaidah-kaidah tafsir.
6.     Mengingkari kedudukan hadis Nabi sebagai sumber ajaran Islam.
7.     Menghina, melecehkan dan atau merendahkan para nabi dan rasul.
8.     Mengingkari Nabi Muhammad saw sebagai Nabi dan Rasul terakhir.
9.     Merubah, menambah dan atau mengurangi pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan oleh Syari’ah, seperti haji tidak boleh ke Baitullah, shalat fardu tidak 5 waktu.
10.  Mengkafirkan sesama muslim tanpa dalil syar’i, seperti mengkafirkan muslim hanya karena bukan kelompoknya.
Dalam hal ini, Syiah telah menolak Rukun Iman dan bahkan membuat rumusan sendiri. Demikian pula dengan Rukun Islam Syiah telah menghilangkan Syahadatain, yakni mengucapkan dua kalimat syahadat dan menambahkan rukun-rukun yang lainnya sehingga Rukun Islam versi Syiah berjumlah sebelas.

        Kutipan :
  1. Tuduhan : Syiah itu musyrik karena menyebutkan bahwa dunia dan akhirat kepunyaan para Imam padahal ini bertentangan dengan al-Qur`an.
Jawaban : “Sesungguhnya dunia dan akhirat adalah kepunyaan Imam, dia boleh meletakkannya dimana dikehendakinya dan memberikan kepada sesiapa yang dikehendakinya. Itu adalah satu kebenaran dari pihak Allah kepadanya (Al-Kafi 1:409)
Dalam Kitab yang dirujukinya, riwayat itu berbunyi sebagai berikut : “Hai Abu Muhammad, tidakkah engkau ketahui bahwa sesungguhnya dunia dan akhirat adalah kepunyaan Imam, dia boleh meletakannya dimana dikehendakinya dan memberikan kepada sesiapa yang dikehendakinya, Semua itu dengan izin Allah. Hai Abu Muhammad sesungguhnya Imam tidak tidur satu malam pun kecuali Allah mempunyai hak di atas kuduknya dan Ia akan menuntut hak itu daripadanya.” (40 Masalah Syiah hal. 123-124)

Jawaban LPPI :
Kayakinan bahwasanya dunia dan akhirat adalah kepunyaan Imam adalah keyakinan batil (sesat dan menyesatkan). Demikian pula keyakinan bahwasanya Imam boleh meletakkan dunia dan akhirat tersebut di mana dikehendakinya dan memberikannya kepada siapa saja yang dikehendakinya merupakan keyakinan batil walaupun ditambahkan kata-kata “semua itu dengan izin Allah.”
Hal ini dikarenakan di dalam keyakinan Ahlussunnah bahwasanya Allah SWT lah Pemilik dunia dan akhirat dan hanya Allah SWT lah yang berhak meletakkan di mana dikehendaki-Nya dan memberikan kepada sesiapa yang dikehendaki-Nya. Seorang Imam hanyalah seorang manusia yang sangat lemah dan tidak mempunyai keistimewaan apa-apa, karena dia bukan seorang nabi atau malaikat. Jika ada keterangan yang mendukung keyakinan ini, baik dari al-Qur`an maupun dari As-Sunnah, maka kita akan menerimanya dan jika tidak ada, maka kita tidak akan menerimanya. Allah SWT berfirman,
      
“(Tidak!) Maka milik Allah-lah kehidupan akhirat dan kehidupan dunia,” (QS An-Najm [53]: 25)
        Kutipan :
  1. Tuduhan : Imam Syiah mengetahui apa yang di langit.
Jawaban : “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi. Aku mengetahui apa yang di syurga dan di neraka. Aku mengetahui perkara yang berlalu dan perkara yang akan datang” Ucapan di atas adalah ucapan Imam Ja’far as Shadiq, yang telah dibuang kalimat yang sangat penting yaitu : “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi. Aku mengetahui apa yang di syurga dan di neraka. Aku mengetahui perkara yang berlalu dan perkara yang akan datang”, kemudian (Imam Ja’far) berhenti sebentar karena ia melihat ucapan itu sangat berat bagi orang yang mendengarnya. Ia berkata: Aku mengetahui yang demikian dari Kitabullah Azza wa jalla. Sesungguhnya Allah Azza wa jalla berfirman: Dan Kami turunkan Al-Kitab kepadamu untuk penjelasan segala sesuatu.” (40 Masalah Syiah hal. 125-126)

Jawaban LPPI :
Allah SWT berfirman,
                                     
“Katakanlah (Muhammad), “Tidak ada sesuatu pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang gaib, kecuali Allah. Dan mereka tidak mengetahui kapan mereka akan dibangkitkan,” (QS An-Naml [27]: 65).
                             ﯿ                          
“Dia Mengetahui yang gaib, tetapi Dia tidak memperlihatkan kepada siapa pun tentang yang gaib itu. Kecuali kepada rasul yang diridai-Nya, maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di depan dan di belakangnya,” (QS Al-Jin [72]: 26-27).
Keyakinan Ahlussunnah bahwasanya yang mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi, apa yang ada di syurga dan di neraka dan mengetahui perkara yang berlalu dan perkara yang akan datang hanya Allah SWT saja. Jika ada perkara gaib yang disampaikan oleh Allah SWT di dalam al-Qur`an, maka perkara gaib tersebut hanya disampaikan sebatas garis besarnya saja. Sedangkan rinciannya, hanya Allah SWT saja yang tahu. Jika ada pengetahuan yang Allah SWT berikan mengenai rincian hal gaib tersebut, misalnya tentang lebar, luas dan kedalaman neraka, maka keterangan ini akan Allah SWT sampaikan kepada utusan-Nya dan bukan kepada yang lainnya.  Oleh karena itu, perkataan Syiah, “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi. Aku mengetahui apa yang di syurga dan di neraka. Aku mengetahui perkara yang berlalu dan perkara yang akan datang. Aku mengetahui yang demikian dari Kitabullah Azza wa jalla,” maka ucapan ini ada benarnya, karena disandarkan kepada berita yang datangnya dari Allah SWT yang tertulis di dalam al-Qur`an. Karena Allah SWT telah menjelaskan apa yang ada di langit (langit mempunyai pintu, ada para malaikat yang menjaganya dll) di bumi (di dalam perut bumi tersimpan kekayaan alam seperti barang tambang dll), di syurga (Allah SWT telah menjelaskan bahwasanya syurga adalah tempat yang sangat menyenangkan dll), di neraka (Allah SWT telah menjelaskan bahwasanya neraka adalah tempat yang sangat mengerikan), perkara yang telah berlalu (misalnya kisah para nabi, kisah orang-orang dahulu dll) dan perkara yang akan datang (yaitu berita tentang akan tibanya hari Kiamat).
Jika ditelaah buku 40 Masalah Syiah yang ditulis oleh Emilia Renita AZ dan editornya Jalaluddin Rakhmat yang diberikan kepada seluruh anggota IJABI sebagai pedoman dakwah mereka : maka materi buku tersebut telah menodai Agama Islam dan sudah melanggar UU No.1/PNPS/1965 antara lain :
(1) ’Adalah semua sahabat bertentangan dengan al-Qur`an [40 Masalah Syiah hal. 76-78], dan ’Adalah semua sahabat bertentangan dengan Sunnah [40 Masalah Syiah hal. 80],
(2) Menuduh para sahabat telah merubah-rubah agama Islam [40 Masalah Syiah hal. 81],
(3) Menuduh para sahabat meragukan kenabian Nabi Muhammad saw [40 Masalah Syiah hal. 82],
(4) Menyimpangkan penafsiran al-Qur`an dengan mengatakan bahwa pohon yang terkutuk adalah anak cucu Marwan [40 Masalah Syiah hal. 89],
(5) Berkeyakinan jika Ulil Amri harus maksum/terpelihara dari dosa dan kesalahan [40 Masalah Syiah hal. 94-95],
(6) Membuat Rukun Iman dan Rukun Islam sendiri. Di dalam 40 Masalah Syiah, Emilia Renita AZ dan Jalaluddin Rakhmat telah merubah-rubah Rukun Iman dan Rukun Islam yang merupakan wahyu Allah SWT kepada Nabi Muhammad saw. Rukun Iman yang enam dirubah menjadi lima perkara dan Rukun Islam yang lima dirubah menjadi sebelas perkara dan ditulis dengan asal-asalan pula, yaitu no. 8 dari Rukun Islam Syiah tersebut tidak ada/setelah nomor 7 langsung nomor 9. [40 Masalah Syiah hal. 122]
(7) dll.
Perbuatan seperti ini jelas-jelas telah menodai agama Islam dan terjerat UU No.1/PNPS/1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama Pasal 1, 2, 3, 4 dan 5.





MENYIMPANGKAN ARTI AYAT-AYAT AL-QUR`AN[2]
  1. “Imam Shadiq as dalam menafsirkan ayat, “Segala sesuatu akan musnah, kecuali wajah Allah….” Berkata, “Yang dimaksud dengan Wajah Allah dalam ayat ini adalah Ali as.” (Kecuali Ali hal 22)
Tanggapan LPPI : Ayat yang dimaksud adalah :
           
“Segala sesuatu pasti binasa, kecuali Allah,” (QS Al-Qashash [28]: 88)
  1. Imam Ali as adalah penghitung amal perbuatan di hari Kiamat. “Sesungguhnya (hanya) kepada Kami-lah mereka kembali, kemudian sesunguhnya kewajiban Kami-lah menghisab mereka.” (Kecuali Ali hal. 41)
Tanggapan LPPI : Ayat yang dimaksud adalah :
                  
“Sungguh, kepada Kamilah mereka kembali, kemudian sesungguhnya (kewajiban) Kamilah membuat perhitungan atas mereka,” (QS Al-Ghasyiyah [88]: 25-26)
  1. “Dan sesungguhnya dia (Ali as) dalam induk al-Kitab (Lauhul Mahfuzh) di sisi Kami, adalah benar-benar tinggi (nilainya) dan amat banyak mengandung hikmah.” (Kecuali Ali hal. 49)
Tanggapan LPPI : Ayat yang dimaksud adalah :
                  
Dan sesungguhnya Al-Quran itu dalam Ummul Kitâb (Lauh Mahfuzh) di sisi Kami, benar-benar (bernilai) tinggi dan penuh hikmah, (QS Az-Zukhruf [43]: 4)
  1. “Jika kamu berdua bantu-membantu menyusahkan Nabi, maka sesungguhnya Allah adalah Pelindungnya dan (begitu pula) Jibril dan orang-orang Mukmin yang baik; dan selain dari itu, malaikat-malaikat adalah penolongnya pula.”
Yang dimaksud dengan orang-orang Mukmin yang baik adalah Ali as. (Kecuali Ali hal. 49)
Tanggapan LPPI : Ayat yang dimaksud adalah :
                                                   
“Jika kamu berdua bertobat kepada Allah, maka sungguh, hati kamu berdua telah condong (untuk menerima kebenaran); dan jika kamu berdua saling bantu membantu menyusahkan Nabi, maka sungguh, Allah menjadi pelindungnya dan (juga) Jibril dan orang-orang mukmin yang baik; dan selain itu malaikat-malaikat adalah penolongnya,” (QS At-Tahrim [66]: 4)
  1. “Agar Kami jadikan peristiwa itu peringatan bagi kamu dan agar diperhatikan oleh telinga yang mau mendengar.” (Kecuali Ali hal. 50)
Tanggapan LPPI : Ayat yang dimaksud adalah :
               
”Agar Kami jadikan (peristiwa itu) sebagai peringatan bagi kamu dan agar diperhatikan oleh telinga yang mau mendengar,” (QS Al-Haqqah [69]: 12)

  1. ”Kemudian seorang penyeru mengumumkan di antara kedua golongan itu, ’Kutukan Allah ditimpakan kepada orang-orang yang lalim.”
Imam Ali as adalah seorang penyeru di hari Kiamat, yakni menetapkan siapa yang akan menjadi penghuni neraka dan siapa yang akan menjadi penghuni kebaikan (surga). (Kecuali Ali hal. 50)
Tanggapan LPPI : Ayat yang dimaksud adalah :
                                                            
”Dan para penghuni surga menyeru penghuni-penghuni neraka, “Sungguh, Kami telah memperoleh apa yang dijanjikan Tuhan kepada kami itu benar. Apakah kamu telah memperoleh apa yang dijanjikan Tuhan kepadamu itu benar?” Mereka menjawab, “Benar.” Kemudian penyeru (malaikat) mengumumkan di antara mereka, “Laknat Allah bagi orang-orang zalim,” (QS Al-A’raf [07]: 44)
  1. ”Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahlilkitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.”
Dalam riwayat Jabir dari Imam baqir as, bahwa beliau as berkata, ”Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia” adalah Ahlulbait Nabi (saw). (Kecuali Ali hal. 135)
Tanggapan LPPI : Ayat yang dimaksud adalah :
                                                     
“Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik,” (QS Ali Imran [03]: 110)


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  




[1] 40 Masalah Syiah, karya Emilia Renita Az, editor : Jalaluddin Rakhmat, cetakan 2 : Oktober 2009, diterbitkan oleh IJABI bekerja sama dengan The Jalal Center.
[2] Baca buku Kecuali Ali karya Abbas Rais Kermani, terbitan Daftare Tablighat, Iran, penerjemah : Musa Shahab & M. Ilyas, diterbitkan oleh Penerbit Al-Huda Jakarta, cetakan ke-2 Desember 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar