Kamis, 02 Juli 2015

SIAPAKAH YANG TELAH MERACUN AL-HASAN BIN ALI?

Oleh ust Dudung Ramdani, Lc (dari berbagai sumber)

Sejarah mencatat bahwa Al-Hasan meninggal karena diracun. Menurut sebuah riwayat bahwa Hasan bin Ali semoga Allah meridhai mereka, meninggal karena diracun oleh istrinya Ja’dah binti Al-Asy’ats. Riwayat lain mengatakan bahwa Mu'awiyah lah yang telah menyuruh Ja’dah untuk meracun Hasan bin Ali. Hal ini dilakukan karena Mu’awiyah suka terhadap Ja’dah dan berjanji dia akan menikahi Ja’dah sepeninggal Hasan. Ada juga riwayat yang mengatakan bahwa Yazid bin Muawiyah lah yang telah menyuruh seluruh pembantu Hasan untuk menaruh racun di makanan dan minuman Hasan.

Sebenarnya, Hasan tidak tahu, siapa yang telah meracuni dirinya. Begitu pula dengan Husein. Husein tidak tahu, siapa yang telah meracuni saudaranya itu. Karena pada saat Hasan sedang sakaratul maut, datanglah Husein dan bertanya kepadanya, “Wahai saudaraku, siapakah yang telah meracunmu?” Hasan, “Untuk apa engkau menanyakan hal ini? Apakah untuk menuntut balas/qisas?” Husein, “Iya!” Hasan, “Biarkan saja nanti di hadapan Allah SWT, saya dan dia akan beradu argumentasi. Biarlah Allah SWT yang menghukumnya!” Dari sini sudah bisa disimpulkan, jika Hasan sendiri tidak mengetahui secara pasti, siapa yang telah meracunnya. Demikian juga dengan Husein. Andai saja Husein tahu dengan pasti orang yang telah meracun Hasan, tentu Husein akan menuntut balas. 


Yang menjadi pertanyaan adalah, “Dari mana orang-orang tahu jika Ja’dah lah yang telah meracun Hasan?” Atau, “Apakah betul, jika Muawiyah lah orangnya yang telah meracun Hasan?”
Jawabannya, Pertama, “Mana mungkin seorang isteri tega meracun suaminya yang saleh. Jika hal ini benar-benar terjadi, maka seorang isteri seperti ini layak mendapatkan laknat dari Allah SWT, para malaikat dan seluruh manusia. Sesungguhnya Ja’dah binti Al-Asy’ats bin Qais tidak memerlukan kekayaan atau jabatan sehingga dia tergiur oleh tawaran Muawiyah untuk membunuh suaminya Hasan bin Ali karena Muawiyah akan memberinya kekayaan. Karena Hasan adalah orang yang paling baik di zamannya. Karena Hasan adalah cucu Rasulullah SAW, ibunya Fathimah binti Rasulullah SAW dan ayahnya, yaitu Ali bin Abi Thalib merupakan salah satu dari sepuluh sahabat yang dijamin masuk surga dan merupakan khalifah yang keempat. Apakah mungkin Ja’dah mau meracun Hasan dan kemudian dia menikah dengan Muawiyah?”
Kedua, “Apakah mungkin Muawiyah yang telah diberi tahta kekuasaan oleh Hasan, justru dia mengucapkan rasa terima kasihnya dengan meracun orang yang telah memberinya kekuasaan? Ini juga tidak mungkin, karena hubungan antara Muawiyah dengan Hasan sangat terjaga dengan baik. Tidak ada api permusuhan di antara keduanya. Oleh karena itu,  makanya Hasan rela mengalah memberikan tampuk kekuasaan yang telah diamanahkan penduduk Kufah kepada Muawiyah demi menjaga keamanan dan supaya pertumpahan darah di antara sesama muslim tidak terjadi lagi.” 
Kisah ini sesungguhnya telah menampar wajah para pengikut Syiah yang berkeyakinan jika para imam mereka itu adalah maksum dan mereka mengetahui alam gaib sampai mereka mengetahui kapan mereka meninggal dunia. Pertanyaan, “Apakah benar Hasan tahu akan ajalnya? Jika beliau sudah tahu ajalnya adalah diracun pada hari A  dan di kota A misalnya, maka dia seharusnya bisa selamat dengan cara pergi jauh dari kota A atau pergi sebelum hari A tiba. Bukankah begitu?”  

Wasalam,
Ar-Risalah Institute

Tidak ada komentar:

Posting Komentar